Saturday, December 14, 2013

ANALISIS STRATEGI INOVASI dan DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus : UKM Manufaktur di Kota Semarang)

ANALISIS STRATEGI INOVASI dan DAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus : UKM Manufaktur di Kota Semarang)

Innovation strategy is the most important factor in small, medium or big industry, especially to raise productivity and company operational reliability. One of factor which able to improve innovation strategy is company leadership orientation, until it can improve company investment level in supporting innovation which the implication will increase company performance.


The purpose of this research is to analyze the influence between variables in order to answer the question about how innovation strategy in small medium enterprise (SME) in Semarang can improve company performance

The population which is used in this research are all of small medium enterprise in Semarang. Only 119 SME are used in this research out of 200 questionnaire. It is because 31 SME did not come when the research was doing and the other 50 did not return the questionnaire. The result shows that five hypothesis was accepted. It is believed that leader orientation has positive influence to investment strategy, and has direct influence to both the degree of investment and company’s performance. And it was also believed that innovation strategy and the investment level has positive influence to company’s performance.


Key word : Productivity, Operational Reliability, Orientation Leadership, Innovation strategy, the investment level, and Company’s performance.

Strategi inovasi adalah faktor yang paling penting dalam industri baik kecil, menengah maupun besar terutama untuk meningkatkan produktivitas dan keandalan operasional perusahaan. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan strategi inovasi adalah orientasi kepemimpinan perusahaan, sehingga dapat meningkatkan tingkat investasi perusahaan dalam menunjang inovasi yang implikasinya akan meningkatkan kinerja perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel guna menjawab pertanyaan permasalahan bagaimana staregi inovasi usaha kecil menengah (UKM) di Kota Semarang yang akan meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi teiritis serta implikasi manajerial mengenai langkah yang harus diambil oleh usaha kecil menengah untuk meningkatkan kinerja perusahaannya melalui orientasi kepemimpinan, strategi inovasi dan tingkat investasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UKM manufaktur yang ada di Kota Semarang. Dari 200 kuesioner ternyata hanya 119 UKM yang dijadikan sebagai objek penelitian, karena sebanyak 31 UKM ternyata tidak dapat ditemui pada saat pengumpulan data sebanyak 50 UKM tidak mengembalikan kuesioner yang diberikan. data dari responden tersebut kemudian dianalisis kesesuaiannya dengan model penelitian yang dikembangkan dari kerangaka teoritis menggunakan analisis konfirmatori SEM. Dari hasil analisis terlihat bahwa kelima hipotesis diterima. Orientasi kepemimpinan terbukti berpengaruh positif terhadap strategi investasi, dan berpengaruh langsung pada tingkat investasi dan kinerja perusahaan. Straegi inovasi terbukti berpengaruh positif terhadap tingkat investasi dan tingkat investasi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan.

Kata kunci : Produktivitas, Keandalan Operasional, Orientasi Kepemimpinan, Strategi Inovasi, Tingkat Investasi dan Kinerja Perusahaan.

Download Full Teks as Word
Download Full Teks as Pdf

No comments: