Sunday, June 10, 2012

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PELAPORAN KEUANGAN MELALUI INTERNET (INTERNET FINANCIAL REPORTING) DALAM WEBSITE PERUSAHAAN



HANNY SRI LESTARI
ANIS CHARIRI
Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro


ABSTRACT
The fast growing of the internet creates a new way for companies to communicate with investors. Internet could be used by companies for reporting financial information or usually called Internet Financial Reporting (IFR). IFR helps companies to extent financial information disseminating and to reduce agency costs such as corporate costs of printing and mailing annual reports. The use of IFR also helps companies in disseminating informations about company superiorities. Those informations are signal positive for companies to attract investors.

This study examines the use of IFR by Indonesian companies and determinants of IFR.
Research samples are Indonesian companies listed in 2005 at Bursa Efek Jakarta exclude finance
companies because they have different characteristics of financial reporting. The results indicate
that some determinants of IFR such as firm size, liquidity, leverage, auditor size and corporate
listing age affect IFR practice. However, other factors, such as profitability and industrial type do
not explain the company choice to use the internet as a medium for corporate financial reporting.

Keywords: internet, financial reporting, agency cost, positive signal

ABSTRAKSI
Perkembangan internet yang cepat menciptakan cara baru bagi perusahaan untuk
berkomunikasi dengan investor. Internet dapat digunakan perusahaan untuk melaporkan informasi
keuangan kepada investor atau biasa disebut Internet Financial Reporting (IFR). IFR membantu
perusahaan untuk memperluas penyebaran informasi keuangan dan mengurangi agency cost terkait
dengan pencetakan dan pengiriman laporan tahunan sebagai pertanggungjawaban pihak
manajemen kepada shareholders. Penggunaan IFR juga membantu perusahaan dalam
menyebarluaskan informasi mengenai keunggulan-keunggulan perusahaan. Informasi-informasi
tersebut merupakan sinyal positif perusahaan untuk menarik investor.
Penelitian ini berusaha untuk meneliti praktik IFR di Indonesia dan menganalisis faktor-
faktor yang mempengaruhi IFR.  Sampel penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang
terdaftar di Bursa Efek Jakarta pada tahun 2005 kecuali perusahaan-perusahan finansial karena
perusahaan-perusahaan tersebut memiliki karakteristik pelaporan keuangan yang berbeda
dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan pada umumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
faktor-faktor seperti ukuran perusahaan, likuiditas, leverage, reputasi auditor dan umur listing
perusahaan berpengaruh terhadap praktik IFR. Akan tetapi faktor-faktor yang lain seperti
profitabilitas dan jenis industri tidak mempengaruhi pilihan perusahaan untuk menggunakan
internet sebagai media pelaporan keuangan perusahaan.
Kata kunci: internet, pelaporan keuangan, agency cost, sinyal positif
download as PDF   -  download as WORD   -  karya ilmiah LAIN   -  konsultasi via FACEBOOK

No comments: