Thursday, June 7, 2012

IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE BAGI PERUSAHAAN ASURANSI


ASTANTI, DHIAN INDAH (2007) IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE BAGI PERUSAHAAN ASURANSI. Masters thesis, program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Abstract
Sebagai bagian dari Arsitektur Keuangan Indonesia, perkembangan sektor perasuransian menunjukkan perkembangan pesat. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang asuransi mulai asuransi kerugian sampai jiwa semakin banyak. Pilihan produk yang ditawarkan pun semakin berkembang selain disebabkan oleh kesadaran masyarakat dan korporasi terhadap pentingnya asuransi, juga karena
fleksibilitas regulasi disektor ini. Fleksibilitas regulasi, dalam artian regulasi yang ditetapkan tidak seketat industri perbankan menjadikan sektor perasuransian rentan akan kegagalan dan kekalahan pengelolaan. Good Corporate Governance, merupakan suatu topi dalam dunia bisnis yang sedang hangat dibicarakan dan diterapkan diberbagai Negara didunia sejak awal abad 20. Inti dari Good Corporate Governance pada dasarnya adalah komitmen, aturan main, dan praktik penyelenggaraan bisnis secara sehat dan beretika untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Permasalahan yang diambil adalah mengenai bagaimanakah Implementasi Good Corporate Governance bagi perusahaan asuransi dan hambatan-hambatan yang terjadi didalam Implementasi Good Corporate Governance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode pendekatan yuridis sosiologis, rpesifikasi penelitiannya adalah deskriptif analitis, penentuan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Temuan-temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Asuransi harus menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance untuk menciptakan Tatakelola Perusahaan yang Sehat antara lain untuk memaksimalkan corporate value, memberikan acuan mengenai prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang harus dipedomani pada tingkat kewenangannya masing-masing jajaran manajemen dan karyawan, serta upaya memberikan rasa kepercayaan kepada pemegang saham dan stakeholders lainnya. Tatakelola Perusahaan yang baik merupakan acuan bagi pengelola Perusahaan untuk bertindak akuntabel dan bertanggungjawab. Dengan kata lain Manajemen Perusahaan lebih profesional dalam mengelola Perusahaan ini pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan seluruh karyawan, dan terbentuknya citra Perusahaan yang positif dikalangan seluruh pihak-pihak petaruhnya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan nasabah. Secara umum tidak ada hambatan di dalam menerapkan Good Corporate Governance hanya belum belum optimal, sehingga perlu dilakukan sosialisasi tidak hanya di tingkat pedoman Good Corporate Governance dari perusahaan asuransi yang bersangkutan saja tetapi sampai ke operasional perusahaan asuransi.

 download as PDF  -  download as WORD   -  koleksi karya ilmiah LAIN

No comments: