Thursday, December 19, 2013

Modul Uji Validitas dan Reliabilitas

Kualitas data akan mempengaruhi kualitas analisis dan kesimpulan penelitian, oleh karena itu daa harus dikumpulkan dengan tepat baik cara maupun sifatnya. Dari sisi cara pengumpulan data maka kita harus dapa merancang teknik pengumpulan data yang tepat, misalnya dalam penelitian survey harus ditentukan apakah pengumpulan data bersifat sensus atau pengumpulan sampel. Bila akan mengambil sampel, maka harus diunakan teknik sampling yang tepat.

Pada kasus penelitian survey dimana hendak dilakukan pengambilan sampel, maka kita pun harus merancang instrumen pengumpul data yang handal dan teruji, atau dalam bahasa metode penelitian dikatakan bahwa instrmen tersebut harus valid dan reliabel (sahih dan handal). Cara untuk meyakinkan bahwa insrumen yang kita gunakan tersebut valid dan reliable adalah dengan mengujinya. Kali ini kita akan mencoba menguji validitas dan reliabilitas suatu instrumen.



Misalkan kita ingin melakukan penelitian tentang bagaimana sikap masyarakat terhadap keberadaan anggota DPR/DPRD. Keberadaan anggota DPR/DPRD dari dulu senantiasa mengundang pro dan kontra, yang kontra mengatakan bahwa kualitas anggota DPR/DPRD tersebut tidak layak, ada lagi yang mengatakan bahwa keberadaan DPR/DPRD hanya memboroskan anggaran negara. Sementara yang pro mengatakan bahwa anggota DPR telah berhasil menyalurkan aspirasi masyarakat. Untuk itu mari kita coba mendesain suatu instrumen yang akan mengukur penilaian masyarakat atas keberadaan DPR/DPRD.

No comments: